Rabu, 20 Oktober 2010 di 00.09 |  
Cara memperkirakan kehamilan anak kembar (gemelli)

Bagaimana cara memperkirakan kehamilan anak kembar (gemelli) ?. Kehamilan anak kembar dapat diperkirakan melalui tanda berikut:
  1. Perut lebih besar dari usia kehamilan.
  2. Meraba tiga bagian besar (bokong/kepala), dua bagian berdampingan, dan banyak bagian kecil.
  3. Mendengar DJJ-denyut jantung janin (punctum maksimum dua tempat), dengan perbedaan denyut lebih dari 10 kali/menit.
  4. Pada hasil rontgen, terlihat dua kerangka janin.
Letak janin dibagi menjadi situs (letak membujur/melintang), habitus (fleksi/defleksi), posisi (menentukan letak kepala), presentasi (menentukan bagian terendah [letak kepala, letak sungsang, atau letak lintang). Letak belakang kepala ditemukan pada 95% kehamilan karena sesuai dengan sumbu uterus. Fundus uteri merupakan tempat yang luas sehingga sesuai dengan bokong. Kepala merupakan bagian yang berat sehingga berada di bawah. Kepala bayi sesuai untuk pintu atas panggul (PAP). Jumlah janin dengan letak sungsang sebesar 3,5%, letak lintang 0,5%, dan punggung kiri dua kali lebih banyak daripada punggung kanan.

Kehamilan ekstrauterin biasanya tidak sampai aterm, tetapi pada bulan kedua dan ketiga, kehamilan ini akan terganggu. panda kehamilan ekstra-uterin yang lanjut meliputi bagian anak mudah sekali dipalpasi, denyut jantung janin lebih jelas, biasanya ada kelainan letak anak, ligamentum rotundum tidak ada perubahan, tumor uterus teraba selain bayi, uji oksitosin negatif (disuntik 2U pitosin dalam glukosa 5% IV uterus tidak berkontraksi), pemeriksaan per vagina, uterus tidak ada pembesaran. Melalui hasil rontgen, diketahui janin berada di rongga perut dan uterus di samping janin.
Keadaan umum ibu tentu sangat memengaruhi prognosis kehamilan dan persalinan. Ibu yang lemah atau sakit keras tentu tidak dapat diharapkan menyelesaikan persalinan.

Sumber : Kehamilan normal Seri asuhan kebidanan Oleh Hj. Saminem, SKM

Tinggalkan Komentar, Pesan dan Kritik (isi di ChatBox)
Tim AstalaVista Malangan - UraKom Karanganyar

morat
Diposting oleh Rendra & Urakom

0 komentar:

RENDRA and URAKOM 2010 Blog Morat-Marit, Karanganyar. Solo Jawa Tengah © 2010 Programer By Rendra Dewa Dewita 2008, Blog. All rights reserved. blogger templates